Pages

Senin, 15 Desember 2014

Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar



Nama : Vike Dita A.
Kelas   : X TKJ
Guru   : P. Selamet Hariadi


1.     Apa itu Relasi logik?
Jawab:                          Informasi dalam bentuk sinyal 0 dan 1 saling memberikan kemungkinan hubungan secara logik. Fungsi dasar relasi logik adalah : Fungsi AND, OR, dan Fungsi NOT. Disamping ketiga fungsi dasar tersebut ada beberapa fungsi logik yang sering digunakan yaitu : Fungsi EXCLUSIVE OR ( EX-OR ) dan Fungsi EQUIVALENCE. Di dalam Eletronika, fungsi-fungsi logik diatas dinyatakan dalam bentuk : Simbol, Tabel Kebenaran, Persamaan Fungsi dan Diagram Sinyal Fungsi Waktu.

2.     Apa itu Operasi logik?
Jawab :
Suatu fungsi logika atau operasi logika merupakan suatu kombinasi variabel biner seperti misalnya pada masukan dan keluaran dari suatu rangkaian digital yang dapat ditunjukkan bahwa semua hubungan logika antara variabel – variabel biner dapat dijelaskan oleh 3 operasi logika dasar yaitu :
·        Operasi AND (conjuction)
·        Operasi OR (disconjuction)
·        Operasi NOT (negation)
Operasi – operasi tersebut dijelaskan dalam 4 bentuk yaitu :
ü Tabel fungsi (tabel kebenaran) yang menunjukkan keadaan semua variabel masukan dan keluaran untuk setiap kemungkinan.
ü Simbol rangkaian untuk menjelaskan rangkaian digital.
ü Persamaan fungsi
ü Diagram Sinyal Fungsi Waktu

3.Jelaskan Fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT)!
Jawab :

v Operasi AND (conjuction)
 Operasi AND adalah relasi antara paling sedikit 2 variabel masukan dan sebuah variabel keluaran. Pernyataan logika dari operasi AND yaitu Apabila semua masukan berlogik “1”, maka keluarannya akan berlogik “1”, dan hanya jika salah satu masukannya berlogik “0”, maka keluarannya akan berlogik “0”.

     
v Operasi OR (disconjuction)
Operasi OR adalah relasi antara paling sedikit 2 variabel masukan dan sebuah keluaran. Pernyataan logika dari operasi OR : Apabila salah satu masukan berlogik “1”, maka keluarannya akan berlogik “1”, dan hanya jika semua masukan berlogik “0”, maka keluarannya akan berlogik “0”


v Operasi NOT (Negation)
Operasi NOT adalah membalik sebuah variabel biner, misalnya jika masukannya adalah 0 maka keluarannya adalah 1. Pernyataan logika dari gerbang NOT : Apabila masukan berlogik “0”, maka keluarannya akan berlogik “1”, dan jika semua masukan berlogik “1”, maka keluarannya akan berlogik “0”.

 


4. Jelaskan Fungsi gerbang kombinasi (NAND, EXOR)!
Jawab :

Ø NAND


    NAND dihubungkan ke suatu pembalik (inverter). Masukan A dan B di-AND-kan untuk membentuk aljabar Boolean A . B. Kemudian A . B dibalik dengan gerbang NOT. Hal seperti ini dikatakan, bahwa rangkaian pada Gambar 1 tersebut merupakan suatu not-NAD atau rangkaian NAND.

diperhatikan bahwa simbol gerbang NAND merupakan simbol AND dengan gelembung kecil pada keluarannya. Gelembung tersebut kadang-kadang disebut suatu gelembung pembalik (invert bubble). Tabel 1 menunjukkan tabel kebenaran perbandingan antara gerbang AND dan gerbang NAND.


Tabel kebenaran gerbang AND dan NAND menunjukkan bagaimana setiap keluaran gerbang AND dibalik untuk memberikankeluaranNAND.

Fungsi gerbang NAND menjadi gerbang universal dalam rangkaian digital. Gerbang NAND penggunaannya sangat luas dalam sistem digital. Perhatikan tabel kebenaran gerbang NAND dalam tabel 1. Keluaran dari gerbang NAND adalah rendah (0) apabila semua masukan tinggi (1).
 



Ø EXOR
            Gerbang logika OR-eksklusif disebut juga sebagai gerbang “setiap tetapi tidak semua”. Istilah OR-eksklusif sering kali disingkat sebagai XOR. Simbol standard gerbang logika XOR adalag seperti tampak pada gambar di samping. 


Tabel kebenaran untuk fungsi XOR diberikan pada tabel 1, dari tabel tersebut terlihat bahwa tabel tersebut sama seperti tabel kebenaran gerbang OR, kecuali bila semua masukan adalah tinggi (1), gerbang XOR akan membangkitkan keluaran rendah (0).
disebut juga sebagai gerbang “setiap tetapi tidak semua”. Istilah OR-eksklusif sering kali disingkat sebagai XOR. Simbol standard gerbang logika XOR adalag seperti tampak pada gambar di samping. Gerbang XOR hanya akan terbuka bila muncul satuan bilangan ganjil pada masukan. Baris 2 dan 3 dari tabel kebenaran mempunyai satuan bilangan ganjil, oleh karena itu keluaran akan terbuka dengan level logika tinggi (1). Baris 1 dan 4 dari tabel kebenaran tersebut berisi satuan bilangan genap (0 dan 2), oleh karena itu gerbang XOR tidak terbuka dan akan muncul logika rendah (0) pada

5.  Dimana Penggunaan operasi logik?
     Jawab: 
Fungsi Logika dalam Microsoft Excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.

Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, salah satu syarat diantara beberapa syarat (Fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (Fungsi AND), atau bukan dengan syarat tertentu (Fungsi NOT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About